Tips Aman Memakai Wifi Umum

6 komentar
Tips Aman Memakai Wifi Umum - Hai sobat, di postingan kali ini admin akan memberikan beberapa tips aman menggunakan wifi umum. Tujuannya tidak lain supaya sobat bisa terhindar dari kejahatan cyber. Saat sobat memakai wifi umum, apapun yang sobat akses dari laptop maupun smartphone soabat kemungkinan besar bisa diintip hacker.

Banyak kasus cyber yang berujung saldo di rekening bank tersedot atau bahkan penggunaan kartu kredit yang tanpa diketahui digunakan oleh siapa. abukan hanya itu, informasi pribadi sobat juga bisa diakses oleh hacker untuk mendapatkan keuntungan.

wifi umum

Nah, perusahaan keamanan cyber terkemuka di dunia, Symantec Corporation mengungkapkan kalau sebenarnya hacker bisa menyadap serta meretas informasi hanya lewat jaringan Wi-Fi.

Supaya aman saat mengakses internet gratis menggunakan wifi umum, sobat harus tahu tipsnya. Berikut tips aman berinternet gratis dengan koneksi wifi umum dari Norton by Symantec.

Gunakanlah wifi legal

Saat sedang mengakses internet, pastikan sobat menggunakan wifi yang legal. Walaupun harus tahu password nya dulu, tapi lebih aman saat mengakses interenet. Lebih baik gunakan wifi legal daripada terkena resiko menjadi korban kejahatan cyber, 'kan?

Jangan connect wifi secara otomatis

Biasanya, laptop atau smartphone sobat selalu secara otomatis menyambung dengan jaringan wifi yang tersedia. Nah, sebisa mungkin usahakan untuk mengatur gadget sobat supaya tidak tersambung secara otomatis dengan jaringan wifi umum yang tersedia.

Matikan fitur file sharing

Biasakan untuk tidak menyimpan data-data pribadi yang sensitif di dalam laptop sobat. Data-data sobat bisa diakses dengan menggunakan fitur File Sharing yang tersedia pada pengaturan jaringan internet sobat.

Kalau sobat menyimpan data-data pribadi, jangan lupa untuk mematikan fitur File Sharing saat sobat sedang mengakses internet dengan wifi umum.

Jaga rahasia sobat

Kalau sobat tetap ingin orang lain tidak tahu apa yang sedang sobat akses, jangan menggunakan wifi gratis di tempat umum. Orang yang memberikan akses wifi gratis juga bisa melihat apa yang sobat akses.

Biasanya para hacker membagikan wifi secara gratis di tempat umum dengan tujuan mencari informasi-informasi atau celah yang bisa dibobol. Jadi, sobat harus tetap hati-hati.

Jangan mengakses M-Banking dngan wifi umum

Kalau sobat hobi berbelanja online, sebaiknya jangan menggunakan wifi umum saat akan membayar dengan M-Banking. Untuk keamanan, lebih baik sobat menggunakan internet sendiri saat ingin mengakses M-Banking, setelah selesai transaksi barulah sobat gunakan wifi umum kembali.

Jangan meninggalkan gadget sobat

Saat sobat sedang di kafe, ada baiknya sobat tidak meninggalkan laptop atau smartphone meski hanya sebentar. Selain bisa diakses hacker, barang-barang sobat juga bisa hilang atau digunakan orang.

Kalau sobat memang harus meninggalkan gadget sobat, ada baiknya menitipkan nya ke pekerja kafe atau di kasir dan gadget sobat dalam keadaan sleep atau mati.

Bijaksana menggunakan wifi umum

Terkadang saat iseng, sobat suka melihat jaringan wifi yang tidak terkunci. Dan pastinya sobat langsung tergiur dan menyambungkan ke jaringan internet gratis ini. Padahal sobat belum tahu, bisa saja itu buatan hacker untuk menjebak sobat. Jadi, bijaksanalah dalam menggunakan wifi umum.

Cukup sekian artikel mengenai "Tips Aman Memakai Wifi Umum", semoga bermanfaat. Sudahkah sobat berhati-hati dalam menggunakan wifi umum?
Ryan
Suka main rubik

Related Posts

6 komentar

  1. Memangnya kalau akses mbking di wifi umum apa akibatnya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. si penyadia wifi bisa mengetahui aktivitas kita sob

      Hapus
  2. bener tuh kadang pake wifi ilegal bisa2 kena hack

    BalasHapus
  3. Makasih infonya gan, jadi bisa lebih berhati hati setelah baca artikel agan..

    BalasHapus
  4. mksih gan infonya semoga bisa bermanfaat bagi kita semua

    BalasHapus

Posting Komentar