Perbedaan Serta Fungsi Enkripsi dan Hash

Posting Komentar
Halo sobat otacompi! hari ini admin akan membahas tentang Perbedaan Serta Fungsi Enkripsi dan Hash. Enkripsi dan Hash biasanya digunakan dalam hal keamanan, misalnya untuk keamanan dan kerahasiaan pasword maupun pesan. Lalu apa yang membedakannya?

Enkripsi

Enkripsi memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan informasi dari orang lain. Enkripsi menggunakan algoritma kompleks yang disebut cipher untuk mengubah data normal (plaintext) menjadi serangkaian karakter acak (ciphertext) yang tidak dapat dibaca oleh orang-orang tanpa kunci khusus yang membuat data tersebut terdekripsi. Mereka yang memiliki kunci dapat mendekripsi data untuk melihat plaintext dari karakter string acak ciphertext.

Bingung dengan penjelasan diatas? Intinya, enkripsi merupakan proses mengamankan suatu informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa dekriptor. Salah satu contohnya yaitu pada WhatsApp. Saat kita mengirim pesan di WA, pesan tersebut akan terenkripsi kemudian didekripsikan di perangkat (WhatsApp) si penerima.

carakerja enkripsi
Cara kerja enkripsi


Hash

Berbeda dengan enkripsi, hash tidak memiliki kunci atau dekriptor untuk mengembalikan suatu informasi yang sudah teracak. Maka dari itu, biasanya hash digunakan oleh programmer sebagai pengaman password supaya seorang admin tidak bisa mengetahuinya.

Kalau password yang sudah di-hash tidak bisa diketahui, bagaimana cara suatu program atau sistem dalam mencocokkan password? Bagaimana sistem bisa tahu kalau kita memasukkan password yang salah?

Sistem akan mencocokkannya melalui string acak dari password yang telah di-hash. misalnya "123" setelah di-hash menjadi "a57a5a743894a0". Jika hasil hash dari password yang saya masukkan adalah "894a0e4a801fc3", berarti password yang saya masukkan salah.

cara kerja hash
Cara kerja hash


Kesimpulan Perbedaan Enkripsi dan Hash

Enkripsi Hash
memiliki dekriptor untuk mengubah string yang sudah di enkrip kembali ke bentuk string awal hanya mengubah string menjadi string yang lain namun tidak bisa dikembalikan ke bentuk string awal
pencocokan string dilakukan sesudah di dekrip pencocokan dilakukan dengan cara kedua string sama-sama dihash, kemudian hasil hashing dicocokan

Cukup sekian mengenai Perbedaan Serta Fungsi Enkripsi dan Hash, semoga mudah dipahami dan bermanfaat.
Arta
Hai,

Related Posts

Posting Komentar