OS.js, Sistem Operasi Berbasis JavaScript Yang Berjalan Di Web Browser

6 komentar
OS.js, Sistem Operasi Berbasis JavaScript Yang Berjalan Di Web Browser - Selamat pagi sobat, di postingan ini admin akan mengulas sedikit tentang OS.js. Sebelum itu, apakah sobat sudah tahu tentang sistem operasi yang bisa berjalan di web browser?
Sebenarnya banyak loh, tapi kali ini yang akan admin bahas adalah OS.js.

OS.js merupakan sebuah sistem operasi open source yang  berbasis JavaScript. Sistem operasi ini bisa dijalankan dengan web browser dan memiliki kemampuan layaknya sistem operasi sebenarnya, seperti menginstall aplikasi, mengakses virtual filesystem, dan lainnya.

Dalam situs resminya, disebutkan bahwa OS.js adalah desktop web berbasis JavaScript untuk browser. Sobat mungkin mengira bahwa OS.js ini hanya memiliki kemampuan biasa, dan bahkan tidak mempunyai kemampuan standar sebuah sistem operasi. Sobat salah, sistem operasi berbasis browser ini memiliki window manager, GUI toolkit, abstraksi filesystem, dan Application API.




Sistem operasi ini dilengkapi dengan aplikasi-aplikasi desktop untuk menulis, mendengarkan musik, menggambar, bermain game, menonton video, menulis email, serta kalkulator. Sobat juga bisa menginstall aplikasi tambahan melalui repositori, seperti GMail, PDF viewer, dan aplikasi lainnya.

Sistem operasi ini bersifat open source, jadi sobat bisa ikut berkontribusi dan melakukan kostumisasi. OS.js ini juga mendukung Google API Javascript dan Windows Live API.

OS.js ini ditujukan sebagai sistem operasi cloud, cocok untuk diinstall di server, sehingga menjadi sistem operasi “portable”.

Jika sobat tertarik, sobat bisa mengunduhnya melalui github atau sobat bisa mencoba demo nya di OS.js Demonstration.

Cukup sekian artikel mengenai "OS.js, Sistem Operasi Berbasis JavaScript Yang Berjalan Di Web Browser", semoga bermanfaat.
Ryan
Suka main rubik

Related Posts

6 komentar

  1. kayaknya nih keren gan nice info

    BalasHapus
  2. Wah oke tuh. Bikin penasaran yang suka oprek Js.

    BalasHapus
    Balasan
    1. di oprek juga boleh, soalnya OS.js open source

      Hapus
  3. Berarti os.js itu hampir sama dengan Linux? Menjalankannya tidak perlu menginstal atau bagaimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. OS.js itu berbasis cloud, penginstalannya dilakukan di server.

      Hapus
  4. mantap infonya gan thanks ya

    BalasHapus

Posting Komentar