Keamanan Android Perlu Ditingkatkan

1 komentar
Keamanan Android Perlu Ditingkatkan - Hai sobat, kali ini admin otacompi akan mengulas tentang keamanan yang ada pada perangkat android, bukan mengenai keamanan seperti pattern lock screen atau fingerprint, tetapi mengenai akses root. Android sudah menjadi sistem operasi mobile yang sangat populer, apalagi milik google. Dan sampai sekarang pun masih dikembangkan.

keamanan android

Tapi dari segi keamanan, Sistem keamanan Android masih kurang baik. Kenapa? Karena sistemnya belum bisa menggunakan user biasa dengan Super User (root) sekaligus. Maksudnya, kalau sobat menggunakan mode Super User, smartphone Android sobat harus di root dulu.

Dan, jika sobat sudah tidak ada keperluan lagi dengan root dan ingin menggunakan user biasa kembali, sobat harus meng"unroot" smartphone Android sobat. Karena jika tidak, root bisa mendatangkan bahaya pada smartphine Android sobat jika tidak digunakan dengan hati-hati. Kalau harus sering root dan unroot, pasti ribet kan?

Berbeda dengan Linux yang berbasis desktop, sobat bisa menggunakan Super User dan user biasa kapan saja. Sistem ini pun terbilang aman dan tidak terlalu ribet.

Kenapa terbilang aman? Karena ntuk mengakses root, sobat harus menjadi Super User atau root itu sendiri, dan sistem ini seperti bisa mengenali, yang menggunakan root itu manusia atau malware.

Kenapa terbilang simple? Jika sobat ingin beralih ke Super User, sobat hanya perlu mengetikkan perintah "sudo su" (untuk distro berbasis Debian, dan untuk distro lain bisa menyesuaikan). Selain itu, untuk berpindah dari Super User (root) ke user biasa pun sangat mudah. Sobat hanya perlu menuliskan perintah "exit" atau menutup jendela terminal yang menggunakan root.

Harapan admin, semoga google mengupgrade sistem keamanan yang ada pada Android. Paling tidak, sistemnya bisa seperti Linux yang berbasis desktop, atau bahkan melebihinya. Bukan hanya untuk admin, tetapi juga untuk semua pengguna Android.

Cukup sekian ulasan admin mengenai "KEAMANAN ANDROID PERLU DITINGKATKAN", sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya.
Ryan
Suka main rubik

Related Posts

1 komentar

  1. iya beener tuh min, android rawan di mata2i apalagi sudah banyak malware dari aplikasi setelah di root

    BalasHapus

Posting Komentar