Tips Mengatasi Force Close Pada Aplikasi Android

1 komentar
Tips Mengatasi Force Close Pada Aplikasi Android - Pernahkah sobat BTK mengalami force close di aplikasi Android secara tiba – tiba? Jika pernah, pastinya sobat merasa sangat kesal sekali, apalagi hal tersebut terjadi di saat sobat sedang seru-serunya bermain game. Entah kenapa itu bisa terjadi, tapi hal itulah yang menjadi tanda tanya para pengguna android. Tapi tenang, admin akan memberikan Tips Mengatasi Force Close Pada Aplikasi Android.

Sebelum mengatasi hal tersebut, sebelumnya admin juga ingin berbagi pengalaman karena juga pernah mengalaminya. Beberapa hari yang lalu, admin memainkan game PSP dengan menggunakan emulator PPSSPP, setelah menyelesaikan misi dari game tersebut, tiba-tiba emulator PPSSPP menutup sendiri dan ternyata save data dari game yang admin mainkan tadi belum diperbarui.
Arrrggh... Sial..
Lalu muncul pesan pop up bertuliskan “Sayangnya, PPSSPP telah berhenti” (Unfortunately, PPSSPP has stopped)

Admin sendiri juga bingung, kenapa bisa seperti itu? Pasti ada masalah yang membuat aplikasi tersebut berhenti tiba – tiba. Ada beberapa penyebab yang membuatnya seperti itu, dan berikut beberapa penyebabnya :

force close pada aplikasi android

RAM Android penuh

Inilah yang menyebabkan aplikasi terkadang sering kali Force Close secara tiba – tiba.
RAM Android saya memiki kapasitas yang besar, kenapa bisa mengalami Force Close? 
RAM yang besar juga dapat mengalami masalah yang sama, hal ini mungkin disebabkan karena banyaknya aplikasi yang berjalan di background.

File cache yang menumpuk

File cache atau file sementara yang tidak pernah dihapus dapat mengakibatkan aplikasi serasa berat dan lemot. Dari lemot tersebutlah mengakibatkan aplikasi menutup secara tiba – tiba.

Koneksi internet lemot atau terputus

Game online atau streaming video tentunya membutuhkan koneksi internet yang cepat. Dan apabila koneksi Internet seperti keong maka dapat menyebabkan aplikasi berhenti secara tiba – tiba.

Aplikasi kurang atau tidak kompatibel

Aplikasi yang kurang kompatibel atau aplikasi yang tidak cocok dari segi sistem dan hardware android dapat menyebabkan aplikasi error atau berhenti tiba – tiba (force close). Misalnya aplikasi A hanya kompatibel pada Android versi Lollipop, tapi sobat paksa untuk install pada Android versi kitkat atau bahkan JellyBean, maka terjadilah penolakan dari sistem Android yang mengakibatkan aplikasi sering error, berhenti tiba – tiba, tidak bisa dibuka, dan sebagainya.

Dari beberapa penyebab diatas, apakah ada satu hal yang pernah sobat alami? Jika pernah, silakan sobat simak Tips Mengatasi Force Close Pada Aplikasi Android berikut ini.

Hapus Cache Aplikasi

Tips pertama yang bisa sobat lakukan yakni dengan menghapus cache semua aplikasi Android. Gunakan aplikasi Clean Master, CCleaner, atau aplikasi sejenisnya. Aplikasi–aplikasi tersebut dapat menghapus tumpukan cache Android dengan mudah dan cepat. Dan apabila file cache android telah sobat bersihkan. Cobalah untuk restart dan buka aplikasi yang error tersebut, semoga nantinya tidak terjadi masalah lagi. Untuk membersihkan file cache aplikasi secara manual, sobat bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Buka Pengaturan → Aplikasi → Cari (nama aplikasi), kemudian tap → lalu pilih Hapus cache.

Paksa dan hapus data aplikasi

Selanjutnya, tips kedua yang bisa sobat coba yakni menghentikan dan menghapus data aplikasi. Cara ini biasanya ampuh dalam mengatasi aplikasi yang macet ataupun error, terutama muncul pesan pop up "Sayangnya, aplikasi telah berhenti". Perlu sobat ketahui, menghapus data aplikasi akan menghilangkan data yang bersifat sementara seperti basis data, file sampah atau cache, history, bookmark, data login, dan sebagainya. Namun perlu sobat ingat cara ini bukan menghapus aplikasi, tetapi hanya menghapus data aplikasinya saja.

Caranya :

Buka Pengaturan → Aplikasi → Cari (nama aplikasi), kemudian tap → lalu pilih Paksa berhenti dan Hapus data.

Update Aplikasi

Tips berikutnya yaitu meng-update aplikasi. Cara ini akan menghilangkan bugs atau kerusakan yang terjadi pada aplikasi yang error tersebut. Untuk update aplikasi, pastikan koneksi internet sobat lancar. Sobat bisa update aplikasi langsung dari Google Play Store.

Install Ulang Aplikasi

Jika masalah pada aplikasi yang sobat miliki lumayan serius, maka mau tidak mau sobat harus hapus aplikasi tersebut dan ganti dengan yang baru. Cara ini sudah menjadi cara pasrah dalam mengatasi aplikasi yang error atau bermasalah. Dan kebanyakan pasti berhasil, karena sudah diganti dengan yang baru. Tetapi setelah sobat menghapus aplikasi, pastikan sobat juga membersihkan file sampah dan me-restart smartphone.

Factory Reset

Apabila semua cara – cara diatas tidak berhasil mengatasi aplikasi yang macet, error, dan sebagainya, maka langkah terakhir yang bisa sobat lakukan yakni factory reset. Sebenarnya ini bulankan cara terbaik, karena semua data sobat akan hilang dan smartphone sobat akan kembali pada posisi awal. Sebelum memulai factory reset, pastikan sobat melakukan backup pada semua data yang menurut sobat penting. Terutama foto, video, aplikasi, dan dokumen.

Dengan tips-tips diatas, semoga smartphone dan tablet Android sobat bisa normal kembali dan bisa digunakan untuk beraktifitas seperti biasanya. Memang tidak bisa dikatakan 100% berhasil, namun setidaknya sobat coba terlebih dahulu, dan nantinya sobat bisa lihat hasilnya.

Demikian ulasan singkat mengenai Tips Mengatasi Force Close Pada Aplikasi Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada yang ingin sobat tanyakan atau sampaikan, silakan tulis di komentar.
Ryan
Suka main rubik

Related Posts

1 komentar

  1. Nice min. Harus Di Coba Nih. Soalnya ada beberapa apk di andro ane kayak nih. Makasih ya min infonya ^_^

    BalasHapus

Posting Komentar