Tips Hemat Kuota 4G

7 komentar
Tips Hemat Kuota 4G - Hai sobat otacompi! Di era smartphone ini, hampir semua orang membutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil. Baik itu untuk urusan kantor, mencari materi di internet, mengerjakan tugas, main game onnline, dan untuk keperluan lainnya. Jaringan 4G yang cepat sangat cocok untuk keperluan tersebut.

Namun tak bisa dipungkiri, jaringan 4G memang membuat pemakaian kuota menjadi lebih boros. Tapi jangan khawatir, kita masih bisa meminimalisir penggunaan kuota pada smartphone kita agar kuota jadi lebih awet. Nah, kali ini admin akan memberikan tips untuk menghemat kuota data 4G di smartphone sobat.

Tips Hemat Kuota 4G

Membatasi pemakaian paket data

Tips pertama untuk menghemat kuota yang bisa sobat lakukan adalah dengan membatasi pemakaian paket data. Dengan cara ini, sobat akan mendapat pemberitahuan jika pemakaian paket data telah mencapai batas yag ditentukan.

Untuk sobat yang biasanya bisa menghabiskan kuota 1GB per hari, sobat bisa mencoba untuk mengatur batasan maksimal penggunaan paket data harian 500MB, misalnya. Atau berapapun sesuai keinginan sobat.

Minimalkan penggunaan banyak sosmed

Tips kedua untuk menghemat kuota yaitu dengan mengurangi penggunaan sosial media yang berlebihan. Biasanya, setiap orang mengguakan banyak sosmed, misalnya Facebook, Instagram, Twitter, Path, Line, BBM, dan masih banyak lagi.

Untuk apa sih menggunakan terlalu banyak sosmed? Admin kerap menjumpai orang yang mengunggah status, foto, maupun story yang sama di berbagai sosmed yang berbeda. Dan kebanyakan daftar teman mereka di sosmed pun hampir sama. 

Kalau di pikir-pikir, mereka memposting hal yang sama di banyak tempat dan orang yang melihat postingan tersebut pun sama. Jadi, mengurangi penggunaan banyak sosmed bisa sobat terapkan untuk menghemat kuota.

Dan juga, sobat jangan memasang terlalu banyak aplikasi sosmed di smartphone sobat, karena aplikasi sosmed yang berjalan di background akan menguras kuota data sobat. Apalagi dalam jumlah aplikasi yag banyak.

Gunakan aplikasi dengan versi lite

Selain bisa menghemat memori penyimpanan, sobat juga bisa menghemat kuota data dengan memasang aplikasi versi lite, misalnya Facebook Lite, Messenger Lite, Youtube Go, dan lainnya.

Gunakan wifi

Cara yang satu ini sudah jelas, dengan menggunakan wifi, pastinya kuota sobat tidak akan berkurang. Jadi sobat bisa streaming dan download tanpa takut kuota habis, hehe. 

Untuk sobat yang biasanya streaming video menggunakan kuota, sobat bisa mendownload video tersebut di hotspot area dan menyaksikannya kemudian.

Cukup sekian tips hemat kuota 4G ini, semoga bernamfaat.
Arta
Hai,

Related Posts

7 komentar

  1. Artikelnya bagus, kunjungan dari softkini.blogspot.co.id

    BalasHapus
  2. Kalo saya kuota pasti hemat :v sosmed hanya satu

    BalasHapus
  3. Tambahin kak, sering2 matiin paket data 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sob hihi
      tapi bisa ketinggalan informasi loh, dari grup WA kelas misalnya

      Hapus

Posting Komentar