4 Cara Mengatasi Masalah Koneksi Wifi di Windows

1 komentar
4 Cara Mengatasi Masalah Koneksi Wifi di Windows - Kali ini admin akan memberikan beberapa tips atau cara untuk mengatasi masalah pada koneksi wifi di sistem operasi Windows berdasarkan pengalaman admin.

Terkadang saat sobat sedang membutuhkan wifi, sobat tidak bisa terhubung dengan wifi yang tersedia. Pastinya itu sangat menyabalkan. Berikut tips-tips yang bisa sobat coba untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Cara Mengatasi Masalah Koneksi Wifi di Windows


Pastikan indikator LED wifi sobat menyala

Ini adalah hal yang paling dasar, pastikan wifi pada laptop atau netbook sobat sudah menyala. Pernah ada yang bertanya ke admin tentang netbooknya yang tidak bisa mendeteksi wifi, ternyata wifi di netbooknya belum menyala.

Setiap laptop atau netbook bisa saja memiliki cara yang berbeda untuk menyalakan wifi, ada yang menggunakan tombol switch, kombinasi tombol fn+f2, dan yang paling mudah melalui tampilan GUI.

Cek driver LAN sobat

Tips berikutnya adalah memeriksa driver LAN sobat, apakah sudah terinstall atau belum. Jika belum, sobat harus menginstalnya terlebih dahulu sesuai dengan hardware sobat.

Obtain IP address dan DNS server

Jika sobat mengatur IP address dan DNS address secara manual, settingan sobat harus benar sesuai dengan konfigurasi yang ada di server atau penyedia wifi. Jika tidak sesuai, sobat tidak akan bisa terhubung ke internet. Baik itu Limited Access, Identifying Network, dan sebagainya.

Untuk mengatasinya, sobat bisa mengganti settingan IP address dan DNS server dengan yang sesuai, atau lebih baik meng"obtain"nya. Caranya :

- Pertama, klik ikon signal pada taskbar, klik kanan wifi yang sudah terhubung, lalu klik "Status"
- Setelah itu klik Properties, klik ganda pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)
- Pilih "Obtain an IP address automatically" dan "Obtain DNS server address automatically", lalu OK.

Jalankan Windows Network Diagnostics

Tips terakhir, sobat bisa menjalankan Windows Network Diagnistics dan biarkan program tersebut mencari dan memperbaiki masalah koneksi wifi sobat. Caranya, klik kanan pada ikon signal di taskbar lalu klik Troubleshoot problems.

Sekedar tambahan, jika wifi sudah terhubung tetapi ada tulisan No internet access, sobat harus login terlebih dahulu di login page yang sudah disediakan. Atau mungkin si penyedia wifi memang tidak memberikan akses internet.

Cukup sekian mengenai "4 Cara Mengatasi Masalah Koneksi Wifi di Windows", semoga bermanfaat untuk sobat semua. Jika ada pertanyaan silakan sobat tanyakan di komentar.
Ryan
Suka main rubik

Related Posts

1 komentar

Posting Komentar