5 Alasan Beralih Ke Linux

Posting Komentar

windows vs linux
image from kaskus.co.id

5 ALASAN BERALIH KE LINUX - Hai sobat otacompi! Tak teasa sudah 3 tahun lebih semenjak post terakhir saya tentang smartphone quad camera. Mungkin gaya bahasa dan penulisan saya agak berubah, karena sudah lama saya tidak update blog ini. Oh ya, bagi yang menggunakan adblock, tolong white list block ini ya! 😅 iklan di blog ini nggak ganggu kok.

Oke, kali ini saya akan memberikan 5 alasan mengapa saya menggunakan linux sebagai sistem operasi utama di laptop saya. Kelima alasan ini random, tidak berurutan dan saya tulis berdasarkan pendapat dan pengalaman saya.

1. Gratis

Yang pertama karena alasan ekonomi 😅. Jadi, dulu waktu saya beli laptop, saya memilih laptop kosongan (tanpa sistem operasi) yang tentunya lebih murah jika dibandingkan dengan laptop serupa yang sudah terinstall sistem operasi windows dari pabrikan. Saya memilih yang kosongan karena saya sudah tau dan bisa menginstall sistem operasi sendiri, dan waktu itu saya install sistem operasi windows 10 yang saya download dari salah satu "web haram" yang sangat terkenal.

Seiring berjalannya waktu, saya mulai tertarik untuk menginstall sistem operasi gratis (linux) yang sebelumnya sudah sering saya coba menggunakan virtualbox. Dan sekarang kubuntu sudah menjadi OS utama di laptop saya. 

Software-software yang saya pakai pun semuanya gratis, dan hampir semuanya open source. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk menggunakan software bajakan.

2. Open Source

Kedua, linux itu open source. Bukan hanya sistem operasinya saja, melainkan hampir seluruh software dan aplikasi linux adalah open source. "Memangnya kalau open source kenapa?". Karena source code nya terbuka secara umum, maka orang-orang bisa melihatnya, mengamatinya, bahkan memodifikasinnya. Hal ini juga berkaitan dengan "data-dataku dicuri secara diam-diam nggak ya sama developernya?" atau alasan-alasan privasi lainnya.

3. Ringan

Poin ke-tiga ini bergantung pada distro dan desktop environment apa yang digunakan, serta spesifikasi laptop atau komputer masing-masing. Berbeda dengan windows, linux memiliki banyak distro yang ukuran dan target user nya berbeda sehinggan linux bisa berjalan di perangkat tua sekalipun.

Misalnya jika sobat punya laptop dengan processor generasi terbaru dan ram yang lega, maka ubuntu, elementary os, deepin, dan kawan-kawannya yang memiliki tampilan desktop yang bagus dapat berjalan dengan mulus di laptop sobat.

Untuk laptop dengan spesifikasi menengah ke bawah, sobat bisa menggunakan lubuntu, xubuntu, linux lite, dan distro-distro lain yang umumnya menggunakan desktop environment xfce, lxqt atau lxde.

4. Keamanan

Sistem operasi ini open source. Jadi, unruk masalah privasi sekiranya lebih bisa dipercaya daripada sistem operasi sebelah.

Keamanan yang saya maksud disini adalah yang berkaitan dengan virus. Jika sobat menggunakan OS linux, sobat tidak perlu lagi yang namanya anti virus. Kenapa? Karena mayoritas virus diciptakan untuk menyerang sistem operasi sebelah. Jadi, linux 100% aman dari virus? Nggak tau juga sih, tapi selama ini sih aman aman saja.

5. Update Yang Tidak Mengganggu

Alasan yang terakhir, fitur update di linux sangat sangat tidak mengganggu. Sobat bisa melakukan update kapanpun sobat mau. Misalkan ada pemberitahuan update, itu hanya pemberitahuan saja. Yang memegang kunci update ini adalah sobat selaku pengguna OS tersebut.

Ini sangat berbeda dengan windows yang melakukan update secara otomatis (dan tetap melakukan update walaupun sudah di disable) serta memakan banyak resource, dan proses instalasi update tersebut terkadang sangat mengganggu karena laptop tiba tiba restart saat sedang dibutuhkan.

Kesimpulan

Selama menggunakan linux, hampir semua kegiatan yang biasa saya lakukan di windows dapat saya lakukan juga di linux, dan itu sudah sangat cukup untuk membuat saya mempertahankan sistem operasi gratis ini sebagai  OS utama di laptop saya. Terlebih dengan beberapa kelebihan yang hanya bisa saya temukan di linux.

Meskipun begitu, saya tetap menggunakan windows sebagai "OS cadangan" saya. Namun, windows yang saya gunakan ini saya download dari website resmi microsoft dan saya tidak menggunakan software crack apapun di dalamnya.

Saya menginstall windows lagi setelah saya ingat bahwa smartphone yang saya gunakan menggunakan custom rom. Karena software untuk flash hape saya hanya tersedia di windows, jadi saya install windows lagi untuk berjaga-jaga jika hape saya kenapa-napa.

Mungkin cukup sekian sob, akan saya update lagi blog ini jika ada kesempatan.

Ryan
Suka main rubik

Related Posts

Posting Komentar