Mengatasi Program Not Responding Pada Windows

Posting Komentar
Mengatasi Program Not Responding Pada Windows - Masalah yaang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi sobat, apalagi yang memakai komputer atau laptop dengan spesifikasi rendah. Beberapa penyebabnya adalah program yang berjalan terlalu banyak, RAM penuh, virus, atau banyak file sampah yang menumpuk sehingga komputer menjadi lemot dan not responding.

program not responding pada windows

Nah kali ini, admin akan memberikan beberapa tips untuk sobat guna meminimalisir masalah program not responding pada sistem operasi Windows.

Jangan terlalu banyak membuka program secara bersamaan

Untuk sobat yang sibuk, mungkin sangat sering melakukan hal ini. Multitasking atau membuka lebih dari satu program secara bersamaan memang sangat membantu dalam mengerjakan tugas, mencari informasi, dan keperluan lainnya.

Namun, komputer sobat akan bekerja keras untuk menjalankan semua program yang sobat jalankan. Jika dirasa komputer sobat mulai melambat, tutuplah beberapa program yang tidak terlalu penting.

Jangan biarkan RAM penuh

RAM berfungsi untuk menyimpan data semantara aplikasi yang berjalan. Jika RAM penuh, maka aplikasi tersebut tidak akan merespon alias not responding. Tak jauh berbeda dengan tips nomor 1, sobat bisa menutup beberapa aplikasi yang tidak digunakan.

Sobat juga bisa menutup program yang berjalan di background melalui task manager. Caranya tekan tombol Ctrl + Shift + Esc secara bersamaan, akan muncul task manager. Lalu pada tab Processes, pilih program yang akan diclose, kemudian klik End Process.

Pastikan komputer sobat tidak terinfeksi virus

Tentunya, virus bisa membuat laptop dan komputer sobat menjadi ngelag. Sobat bisa menggunakan antivirus yang sobat percaya.

Sesuaikan aplikasi yang sobat download dengan spesifikasi komputer atau laptop sobat

Sebelum mendownload aplikasi, perhatikan minimum requirements yang tertera. Jika dirasa spesifikasi komputer sobat lebih rendah, lebih baik cari versi lama atau versi yang lebih ringan dari aplikasi tersebut.

Bersihkan junk files pada komputer sobat

File sampah yang menumpuk akan mengurangi kinerja komputer sobat. Bersihkanlah file sampah tersubut secara rutin, misalnya seminggu sekali. Ruang penyimpanan pada komputer sobat pun juga akan lega.

Cukup sekian artikel Mengatasi Program Not Responding Pada Windows, semoga bermanfaat.
Arta
Hai,

Related Posts

Posting Komentar