Cara Mengatasi Wifi yang di Limit

Posting Komentar
Cara Mengatasi Wifi yang di Limit - Biasanya sistem keamanan wifi mencatat setiap user yang terkoneksi berdasarkan MAC address perangkat yang dipakai. Dan dalam jangka waktu yang sudah ditentukan, setiap user akan dimatikan akses internetnya atau bisa di katakan akses internet user tersebut sudah mencapai batasnya (limit).



Kalau sudah seperti ini, mungkin banyak orang akan melakukan reboot pada perangkat mereka, namun hal itu tidaklah membantu karena pada dasarnya MAC Address yang di deteksi oleh wifi tetaplah sama. Untuk mengatasi masalah tersebut, yang perlu di perhatikan adalah MAC Address-nya.

Apa itu MAC Address?

MAC Address (Media Access Control Address) adalah., sebuah alamat jaringan yang diimplementasikan pada lapisan data-link dalam tujuh lapisan model OSI, yang merepresentasikan sebuah node tertentu dalam jaringan.

Dalam sebuah jaringan berbasis Ethernet, MAC address merupakan alamat yang unik yang memiliki panjang 48-bit (6 byte) yang mengidentifikasikan sebuah komputer, interface dalam sebuah router, atau node lainnya dalam jaringan. MAC Address juga sering disebut sebagai Ethernet address, physical address, atau hardware address.

Dengan mengganti MAC Address pada perangkat kita, kita bisa mendapatkan internet access kembali karena sistem keamanan wifi mendeteksi kita sebagai orang lain yang baru terkoneksi. Namun alamat MAC yang kita ganti hanya bersifat sementara. Artinya, jika kita me-reboot perangkat kita, alamat MAC akan kembali seperti semula.

Bagaimana Cara Mengganti Mac Address?

Simak cara-cara yang bisa kita gunakan berikut ini:

Windows

Pada laptop atau netbook berbasis Windows, kita bisa menggunakan software bernama 
Technitium MAC Address Changer (TMAC). Silakan sobat download dan install, lalu jalankan softwarenya dan ganti MAC Address sobat. Selengkapnya baca di artikel ini.



Linux

Di sistem operasi Linux, kita tidak membutuhkan aplikasi tambahan. Cukup dengan menggunakan terminal saja kita sudah bisa mengganti MAC Address. Caranya :
1. buka terminal lalu ketikkan 
sudo su 
Jika disuruh memasukkan password silakan dimasukkan.

2. Untuk mengetahui interface wifi yang digunakan, ketikkan 
ifconfig
3. Lalu matikan interface yang dipakai. (misalnya interface yang dipakai adalah wlan0)
ifconfig wlan0 down
4. Ganti MAC Address, ketikkan
 ifconfig wlan0 hw ether 12:34:45:67:89:ab
alamat MAC terseerah sobat, asalkan ada 12 digit.

5. Kemudian nyalakan interface tadi
ifconfig wlan0 up 

Android

Di perangkat Android, sobat bisa menggunaka aplikasi bernama Wifi Mac Changer. Namun untuk menggunakannya, perangkat Android sobat harus dalam keadaan root. Selengkapnya bisa sobat baca di artikel ini.


Cukup sekian mengenai Cara Mengatasi Wifi yang di Limit, tolong bantu share jika sobat merasa artikel ini bermanfaat.
Ryan
Suka main rubik

Related Posts

Posting Komentar