Cara Mengatasi Linux Hang Saat Shutdown dan Restart

1 komentar

LINUX TIDAK BISA SHUTDOWN - Beberapa waktu lalu, saya melakukan update pada laptop saya. Tak disangka, proses shutdown di laptop saya menjadi sangat lama dan terpaksa saya matikan dengan menekan lama tombol power. Cara ini saya gunakan beberapa hari, walaupun itu tidak baik untuk kesehatan hardware.

Kemudian saya menyadari ada yang aneh, laptop saya tidak bisa nyala tanpa dicas. Setelah saya cari tau penyebabnya, ternyata saya lupa mematikan laptop dengan menekan lama tombol power. Jadi setelah saya shut down, saya langsung menutup laptop saya dan ternyata mesin laptop tersebut masih nyala sampai baterainya habis. 

Penyebab Linux Tidak Bisa Shutdown

Saat kita melakukan shutdown, system akan menutup semua aplikasi dan service yang berjalan. Namun terkadang ada beberapa aplikasi atau service yang tidak merespon dan mengakibatkan laptop gagal shutdown dan hanya menampilkan layar blank.

Penyebab lain bisa terjadi karena kernel yang digunakan tidak cocok dengan laptop.

Cara Mengatasi Linux Hang Saat Shutdown

Cara pertama

Setelah mencari solusi di beberapa forum, terdapat cara mengatasi masalah tersebut dengan menambahkan acpi=force pada file GRUB. Cara ini akan berhasil dengan syarat opsi acpi pada BIOS/UEFI laptop sobat sudah ter-enable. Caranya adalah:

1. Edit file GRUB yang berada di /etc/default/grub

$ sudo nano /etc/default/grub

2. Tambahkan opsi acpi=force pada GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT

3. Kemudian simpan perubahan tersebut dengan cara menekan ctrl+x, lalu ketik y, kemudian enter

4. Lakukan update boot loader dengan mengetikkan 

$ sudo update-grub

5. Terakhir, reboot atau shutdown laptop untuk mengetahui apakah cara ini berhasil atau tidak

Sayangnya, laptop saya tetap gagal shutdown (mungkin karena opsi acpi di BIOS/UEFI laptop saya belum saya enable).

Cara kedua

Karena teringat dengan update (kernel) yang saya lakukan beberapa hari sebelumnya, saya pun mencoba menghidupkan kembali laptop saya dengan kernel versi lama. Saat saya shutdown kembali, laptop saya bisa mati secara normal.

Jadi, yang harus saya lakukan adalah menghapus kernel terbaru yang tidak cocok dengan laptop saya atau mengatur boot loader supaya booting ke kernel lama secara default. Dan saya memilih cara ke-dua. Caranya:

1. Cari $menuentry_id_option untuk submenu, kemudian copy ID nya ke text editor

$ grep submenu /boot/grub/grub.cfg

2. Cari $menuentry_id_option untuk menu entry ke kernel lama, kemudian copy ID nya ke text editor

$ grep gnulinux /boot/grub/grub.cfg

3. Kemudian edit file GRUB pada /etc/default/grub. Ubah GRUB_DEFAULT=0 menjadi GRUB_DEFAULT="$menuentry_id_option(step 1)>$menuentry_id_option(step 2)"

$ sudo nano /etc/default/grub

4. Setelah itu lakukan update boot loader dengan mengetikkan 

$ sudo update-grub

5. Terakhir, restart laptop

Cara ke-dua ini berhasil di laptop saya. Walaupun menggunakan kernel lama, yang penting laptop saya berfungsi dengan normal. 

Saya rasa cukup sekian, semoga bermanfaat


Ryan
Suka main rubik

Related Posts

1 komentar

Posting Komentar