Cara Mencegah Serangan Ransomware WannaCry

2 komentar
Cara Mencegah Serangan Ransomware WannaCry - Dunia sedang digemparkan dengan serangan ransomware WannaCry. Penyebaran ransomware WannaCry ini menimbulkan kekhawatiran besar. Bagaimana tidak, Hanya dalam waktu kurang dari dua hari, WannaCry sudah menyebar ke 99 negara dan menginfeksi puluhan ribu, atau bahkan ratusan ribu sistem komputer.

Sejumlah rumah sakit di Indonesia pun dibuat kesulitan memberikan layanan medis karena komputernya terkena serangan malware tersebut. Kejadian serupa juga terjadi di Inggris, di mana kurang lebih 16 rumah sakit menjadi korban WannaCry.

Lalu, apa itu WannaCry? Bagaimana program ini bekerja? WannaCry atau Wanna Decryptor adalah program ransomware spesifik yang mengunci semua data pada sistem komputer dan membiarkan korban hanya memiliki dua file, yaitu instruksi tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya dan program Wanna Decryptor itu sendiri.

Ransomware WannaCry

Ransomware yang satu ini sangat berbahaya, karena tidak butuh campur tangan pengguna untuk bisa menginfeksi komputer. Penyebarannya hanya menggunakan koneksi ke jaringan.

Bagaimana bisa? WannaCry memanfaatkan tool senjata cyber  bernama "EnternalBlue" milik dinas intel Amerika Serikat, NSA, yang pada bulan April lalu dicuri dan dibocorkan oleh kelompok hacker bernama Shadow Broker. Tool tersebut memanfaatkan celah keamanan di sistem operasi Windows melalui eksekusi remote code SMBv1.

Begitu WannaCry berhasil masuk ke satu komputer yang terhubung dalam jaringan LAN, worm dalam ransomware ini secara otomatis akan mencari sendiri komputer lain didalam jaringan yang rentan untuk diinfeksi.

WannaCry meminta dana tebusan agar file file yang di enkripsi bisa dikembalikan dalam keadaan normal lagi. Dana tembusan yang diminta adalah dengan pembayaran bitcoin yang setara dgn 300 dollar AS. WannaCry memberikan alamat bitcoin untuk pembayarannya. Disamping itu juga memberikan deadline waktu terakhir pembayaran dan waktu dimana denda tebusan bisa naik jika belum dibayar juga.

Diwartakan Telegraph, Minggu (14/5/2017), sebagian besar perusahaan keamanan komputer memiliki decryption tools yang bisa 'menyelami' perangkat lunak itu. Ini digunakan dalam serangan siber besar yang mempengaruhi organisasi di seluruh dunia, termasuk National Health Service (NHS) dan Telefonica di Spanyol.

Cara Mencegah Serangan Ransomware WannaCry

Cara yang paling umum untuk menyebarkan virus adalah melalui email dan situs web yang telah disusupi. Contohnya, hacker akan mengirim email phishing yang meminta korban untuk membuka tautan. Tapi sebenarnya, tautan itu adalah link menuju situs berbahaya yang diam-diam men-download virus ke komputer korban.

Untuk mencegah serangan WannaCry, sobat jangan mudah percaya dengan email yang mencurigakan. Sobat juga bisa menggunakan anti virus tambahan yang bisa memindai file sebelum diunduh, memblokir instalasi rahasia, dan mendeteksi malware yang mungkin sudah ada di komputer sobat.

Ada baiknya juga untuk mem-backup semua file kedalam penyimpanan lain yang benar-benar terpisah, Jadi, apabila sobat terkena serangan WannaCry, sobat tidak akan kehilangan informasi apapun dan file sobat yang ter-enkripsi tetap aman karena ada cadangannya.

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika telah memberikan langkah-langkah pencegahan infeksi ransomware WannaCry. Selengkapnya bisa dilihat di bawah:

1. Cabut Kabel LAN/Wifi
2. Lakukan Backup Data
3. Update Anti-Virus
4. Update security pada windows dengan meng-install Patch MS17-010 yang dikeluarkan oleh microsoct. Unduh di laman ini
5. Jangan mengaktifkan fungsi macros
6. Non aktifkan fungsi SMB v1
7. Block 139/445 & 3389 Ports
8. Ulangi, selalu backup file file penting di komputer dan di simpan backupnya ditempat lain

Apa yang bisa dilakukan apabila terlanjur terinfeksi ransomware WannaCry? Hingga saat ini belum ada solusi yang cepat dan jitu untuk mengembalikan data yang disandera. Sebaiknya putuskan sambungan ke internet dan jaringan supaya infeksi tak menyebar ke komputer lain.

Update: Dalam rangka ikut memerangi penyebaran ransomware WannaCry, Microsoft telah merilis patch khusus untuk Windows XP, Windows Server 2003, dan Windows 8 yang bisa diunduh di tautan berikut. Informasi selengkapnya bisa dilihat di laman ini.

Cukup sekian mengenai Cara Mencegah Serangan Ransomware WannaCry, semoga bermanfaat.

referensi: kominfo.go.id, tekno.kompas.com, tekno.liputan6.com.

Ryan
Suka main rubik

Related Posts

2 komentar

Posting Komentar